Kamis, 03 Januari 2013

Kampanye Pendidikan

Anda tahu apa itu Indeks Pembangunan Manusia (IPM)? IPM sederhananya adalah alat ukur kualitas sumber daya manusia suatu wilayah. Dengan IPM, kita bisa membandingkan tingkat kemajuan suatu wilayah dengan wilayah lain. IPM dikenal juga secara internasional dengan sebutan Human Development Index (HDI). Lalu berada di posisi berapa Indonesia jika dilihat dari HDI-nya? Dahsyat kawan, Indonesia berada pada posisi 124 dari 187 negara. Yang diukur dalam HDI itu diantaranya adalah pendidikan, kesehatan, dan pendapatan. Nah, bicara tentang tingkat pendidikan di Indonesia, ternyata jumlah sarjana di Indonesia baru mencapai 6 persen. Angka yang sangat kecil sekali.

Saya teringat ketika saya berdiskusi dengan Pak Aminudin Zuhairi, salah satu pembantu rektor UT, bahwa saya diharapkan menjadi salah satu duta UT. Ya, setelah saya renungkan, ternyata banyak yang bisa saya lakukan untuk memajukan negeri ini. Salah satunya dengan mencetak sarjana - sarjana yang berkualitas. UT adalah salah satu alternatif termudah dan termurah bagi seluruh masyarakat Indonesia di mana pun untuk meningkatkan kualitas hidupnya melalui pendidikan.

Dengan berbagai macam penjelasan mengenai kelebihan - kelebihan kuliah di UT, dari statusnya yang negeri, kualitasnya yang terjamin, biaya yang terjangkau, sistem belajar yang fleksibel, fasilitas beasiswa bagi yang berprestasi, bisa kuliah sambil kerja, dan bla bla bla lainnya, hari ini saya merasa bahagia, ada satu orang yang berminat untuk mendaftar di UT. Pendekatan yang saya lakukan adalah pendekatan personal saja. Istilah marketingnya by mouth atau marketing dari mulut ke mulut (ini salah satu strategi marketing yang paling efektif lho).  Mudah - mudahan besok - besok akan banyak lagi orang - orang yang menjadi sarjana - sarjana berkualitas hasil dari kampanye yang saya lakukan. Ya. Kampanye pendidikan untuk Indonesia yang lebih maju.

1 komentar:

  1. hai aq indah... rencananya tahun ini aq mau kuliah di ut bulan juni tapi masih bingung lebih baik registrasi online or offline yaaa

    BalasHapus